Kasih NOS CB
Perangkat tambahan yang bisa digunakan agar tenaga mesin mobil dapat
bertambah secara instant, selain adanya seperangkat alat bernama turbo,
dibelantika modifikasi mesin juga telah lama dikenal seperangkat alat bernama
NOS (Nitrous Oxide System). Perangkat NOS ini adalah alat yang telah lama
digunakan oleh maniak modifikasi mesin agar dapat menggunakan gas bernama
Nitrous Oxide (N2O) yang merupakan campuran antara gas nitrogen dengan oksigen
sebagai penambah tenaga mesin.
Menurut salah satu mekanik dari Firna Protechnik yang akrab dipanggil Pak
Ichsan ini, aplikasi NOS pada mesin adalah bertujuan untuk memperkaya
pembakaran didalam mesin sehingga tenaga atau daya dorongnya dapat lebih
meningkat. Dengan campuran antara gas NOS dengan BBM yang tepat saat masuk ke
ruang pembakaran mesin mobil, maka tenaga mobil secara signifikan akan
meningkat. Hal ini dikarenakan adanya gas nitrous oxide (N2O) yang mampu
menambahkan asupan jumlah oksigen untuk pembakaran, jadi ketika gas N2O
bercampur dengan BBM yang kemudian disulut oleh sistem pengapian maka ledakan
diruang bakar akan lebih besar sehingga tenaga mesin pun bertambah.
Apapun jenis sistem suplai BBM pada mesin mobil, entah itu mobil yang masih
karburator ataupun yang telah menggunakan injector, kedua-duanya tetap dapat
mengaplikasikan NOS, hanya saja proses instalasinya berbeda. Ada 2 jenis
instalasi untuk NOS, yaitu sistem Basah (Wet) dan Kering (Dry). Masing-masing
instalasi tersebut memiliki peralatan / kit yang berbeda.
1. Sistem Wet NOS : Proses penyemburan antara BBM dengan
gas nitrous oxide bercampur dan ditembakkan secara bersamaan ke ruang bakar
mesin lewat injector khusus. Dalam sistem wet pada mesin karburator, campuran
antara BBM dan gas NOS harus disetting melalui ukuran spuyer / jet, agar
perbandingannya pas, karena bila terlalu banyak gas NOS ke sistem pembakaran
dibandingkan BBM maka mesin bisa jebol, sedangkan jika terlalu banyak BBM
dibandingkan gas NOS, maka tenaga yang dihasilkan tidak akan maksimal
(efektifitasnya berkurang). Untuk penggunaan NOS di mesin karburator maka
dibutuhkan lagi alat tambahan bernama Spray Bar.Proses aplikasi sistem ini juga
terbagi menjadi 2, yaitu :
o Sistem Single Point :
Sistem ini menggunakan satu saluran untuk mencampur NOS dengan BBM.
o Sistem Direct Port :
Sistem ini menggunakan saluran terpisah pada tiap silinder untuk menembakkan
NOS dan BBM secara bersamaan
2. Sistem Dry NOS : Proses penembakkan gas NOS dan BBM
dilakukan secara terpisah, Nozzle NOS disambungkan langsung menuju ruang pembakaran
secara terpisah, sedangkan bensin tetap melalui jalur sendiri pada injector
ataupun karburator.
SKEMA PERAKITAN PADA KENDARAAN RODA
DUA.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar